Disney - Mickey Mouse >>> Nikmatul Maula's Blog: Pengembangan Tes Hasil Belajar

17/12/11

Pengembangan Tes Hasil Belajar

Pada pengembangan tes umumnya  melalui serentetan langkah-langkah yang dilakukan berturut turut.
Langkah-langkah Dalam Pengembangan Tes.
  1. Pengembangan spesifikasi tes.
  2. Penulisan soal.
  3. Penelaahan soal.
1.   Penelaahan secara teoretis.
2.   Penelaahan secara empiris.
  1. Menganalisis butir soal
  2. Administrasi tes.

A.    Pengembangan Spesifikasi  Tes.
            Pengembangan tes adalah langkah paling awal dan paling menentukan dalam pengembangan  seperangkat tes. Oleh karena itu bagian ini tujuan evaluasi harus ditetapkan  yang tentu saj termasuk pada materi apa soal-soal yang akan disusun.
            Langkah berikutnya adalah menyusun kisi-kisi, di dalam kisi-kisi terdapat komponen-komponen yaitu: (1) kompetensi yang diujikan, (2) materi, (3). uraian materi, (4) Indikator, (5) no soal, (6) bentuk soal, (7) aspek yang diukur.

B. Penulisan Soal.
            Berdasar atas spesifikasi tes dilakukanlah penulisan soal.  Penulian pada tes khususnya tes objektif yang baik memerlukan kemampuan dan keterampilan professional serta daya kreasi. Kemampuan menulis soal  untuk sebagian orang masih merupakan kiat(art) bukan ilmu. Walaupun demikian telah terbukti bahwa pengetahuan teoretis mengenai teknik penulisan soal dan latihan ternyata memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap dihasilkannya soal-soal yang baik.
C. Penelaahan Soal
            Penelaahan soal adalah evaluasi terhadap soal-soal yang telah ditulis. Evaluasi itu dilihat dari tiga arah yaitu: a) dari segi bidang studi; b) dari segi format dan pertimbangan teknis penulisan soal; c) dari segi penterjemahan gagasan ke dalam bahasa.
            Penelaahan soal dalam hal ini dilakukan secara teoretis. Penelaahan dilakukan oleh para ahli yang sesuai dengan keahliannya. Penelaahan secara teoretis ini sering disebut pula dengan validasi tes dengan menggunakan validitas isi (yang akan dibahas pada bagian berikutnya).
            Pengujian butir-butir tes secara empiris adalah melakukan kegiatan ujicoba tes. Tujuan dilakukannya uji coba adalah  untuk memperoleh butir-butir soal berdasarkan riteria tertentu.

D. Menganalisis Butir Soal.
            Setelah soal di uji coba maka hasil uji coba perlu di analisis. Analisis Butir Soal akan dibahas pada bagian berikutnya.

E. Administrasi Tes.
            Setelah dipunyai tes dengan butir-butir yang sesuai dengan riteria dari hasil analisis butir soal serta interpretasi hasil, maka butir-butir tes perlu dibakukan untuk selanjutnya akan digunakan.
            Hasil pengukuran yang masih berupa skor mentah perrlu diolah lagi menjadi nilai dengan menggunakan skala tertentu( pada bagian ini dibahas  kemudian.

0 comments:

Posting Komentar